Beranda | Artikel
Prinsip-Prinsip Dakwah Salafiyah (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)
Minggu, 31 Mei 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Rekaman video: Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas – Prinsip-Prinsip Dakwah Salafiyah

Ringkasan Ceramah Agama: Prinsip-Prinsip Dakwah Salafiyah

Pada hari ini, kita akan mengaji tentang “Prinsip-Prinsip Dakwah Salaf”, yang diambil dari buku Mulia dengan Manhaj Salaf. Pembahasan ini karena banyaknya dakwah yang ada, tapi mereka (Muslimin secara umum) tidak tahu apa sih prinsip dakwah Salaf yang besar, yang pokok, yang mendasar, yang mendakwahkan kepada seluruh umat manusia.

Dakwah Salaf ini adalah dakwah yang haq, meskipun dituduh dengan berbagai macam tuduhan oleh orang-orang. Manhaj Salaf ini merupakan manhaj yang haq, manhaj yang benar, satu-satunya jalan yang haq menuju kepada surga. Tapi karena jalan ini (adalah) jalan yang haq, (maka) mesti digoda oleh setan, mesti dicegah oleh orang-orang kafir, orang-orang munafik, orang-orang mujrimin, dan orang-orang yang ikut kepada mereka.

Dakwah Salaf ini merupakan dakwah yang mulia, yang didakwahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, didakwahkan oleh para sahabat radhiyallahu ‘anhum ‘ajma’in, didakwahkan oleh tabi’in, tabi’ut tabi’in, dan para aimmatul mujtahidin sampai hari ini, dan dakwah ini merupakan dakwah yang mubarokah, yang diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Betapa banyak orang-orang yang mendapatkan hidayah dengan dakwah ini. Betapa banyak orang-orang yang tadinya di dalam kegelapan, kemudian diberikan cahaya oleh Allah; yang tadinya mereka bodoh, (kemudian) diberikan pengetahuan oleh Allah; yang tadinya mereka di dalam kesesatan, (kemudian) diberikan hidayah oleh Allah; yang tadinya mereka jauh dari Islam (berbuat kesyirikan, berbuat bid’ah), Allah berikan hidayah dengan dakwah ini.

Pengertian Manhaj Salaf dan Salafiyah

Apa itu manhaj?

Allah berfirman dalam Surat Al-Ma’idah, ayat ke-48:

… لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجاً … (المائدة: ٤٨)

“… Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang (manhaj). …”

Kata ‘Abdullah bin ‘Abbas, menafsirkan tentang minhaj atau manhaj ini artinya jalan dan syariat.

Sedangkan menurut istilah, manhaj adalah kaidah dan ketentuan yang digunakan bagi setiap pembelajaran ilmiah, seperti dalam kaidah bahasa Arab, ushul fiqih, atau ushul tafsir.

Manhaj artinya adalah jalan atau metode. Dan manhaj yang benar adalah jalan hidup yang lurus dan terang dalam beragama menurut pemahaman para sahabat.

Sebuah ceramah agama yang penuh manfaat yang menerangkan kepada kita apa itu yang dimaksud dengan manhaj / metode dalam beragama dan bagaimanakah cara yang benar dalam beragama.

Download ceramah agama Islam: Ustadz Yazid bin Abdil Qadir Jawas – Prinsip-Prinsip Dakwah Salafiyah

Jangan lupa untuk turut share ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14152-prinsip-prinsip-dakwah-salafiyah-ustadz-yazid-abdul-qadir-jawas/